-->

Jenis-Jenis jaringan, PAN, LAN, MAN, WAN, dan Internet


Berberapa jenis-jenis jaringan

Di jaman teknologi kita tidk lepas dari internet internet itu sendiri adalah sebuah jaringan yang di akses oleh manusia di seluruh dunia di internet kita bisa mencari apa saja namun taukah anda ada berberapa jenis jaringan yang harus anda ketahui supaya anda banyak pengetahua tentang internet langsung saja inilah jenis-jenis jarinagn itu.

Jenis jaringan, PAN, LAN, MAN, WAN, dan Internet
Jenis-Jenis Jaringan.
  • Personal area network atau PAN
  • Local area network atau LAN
  • Metropolitan area network atau MAN
  • Wide area network atau WAN
  • Internet
Langsung saja kita menuju arti dari jaringan-jaringan di atas dan fungsi atau kegunanya.
  • Personal Area Network

Jaringan, PAN
Sebuah jaringan pribadi atau perseorangan ,ini adalah jaringan komputer yang disediakan di sekitar seseorang atau individu dalam satu gedung.jarinagan Ini bisa berada di dalam kantor kecil atau tempat tinggal. JARINGAN PAN akan mencakup satu atau lebih komputer, telepon, perangkat periferal, konsol video game dan bahkan perangkat-perangkat hiburan pribadi lainnya. Jika beberapa orang/individu menggunakan jaringan yang sama dalam tempat tinggalnya, maka jaringan itu kadang-kadang disebut sebagai jaringan area rumah, atau disebut juga HAN. jaringan ini tampak khas karena tempat tinggal akan memiliki koneksi internet dengan kabel yang terhubung ke modem. Modem ini kemudian memberikan kedua koneksi kabel dan nirkabel/tanpa kabel untuk beberapa perangkat. Jaringan ini biasanya dikelola atau di buwat dari satu komputer tetapi jugak bisa diakses dari perangkat lainya. biasa nya dihubungkan denagn megunakan kabel.

Fungsi dari Jaringan Jenis PAN
  • Mengirim dokumen ke teman di beda ruangan tetapi masih dalam 1 gedung
  • Upload foto dari ponsel Anda ke komputer desktop Anda.
  • Menonton film dari layanan online streaming ke TV Anda. 

  • Local Area Network 

Jaringan LAN
Sebuah jaringan lokal, terdiri dari jaringan komputer di satu situs, biasanya 1 gedung perkantoran individu dan toko. Sebuah LAN sangat berguna untuk berbagi sumber, seperti penyimpanan data. LAN dapat dibangun dengan hardware yang sangat murah, seperti hub, adapter jaringan dan kabel Ethernet.

LAN biasanya digunakan untuk satu situs untuk berbagi file dokumen dari 1 orang ke orang yang lain tetapi tidak dengan dunia luar seperti beda perusahaan. nah bayangkan sebuah gedung perkantoran di mana semua orang harus dapat mengakses file pada satu server pusat bagi semua orang yang bekerja di kantor yang sama, tetapi Anda tidak ingin seseorang berjalan untuk dapat mengirim dokumen ke komputer anda cukup dari ponsel mereka bisa untuk mengiri data, Jika jaringan Local Area Network, adalah nirkabel, ini disebut sebagai jaringan  lokal nirkabel, atau WLAN. jenis jaringan ini biasanya banyak di pakai untuk warnet

  • Metropolitan Area Network.

Jaringan MAN
Sebuah jaringan metropolitan , terdiri dari berberapa jaringan komputer di seluruh kota , kampus atau wilayah kecil seperti desa kelurrahan, kecamatan, dan kabupaten  . Sebuah MAN lebih besar dari LAN , yang biasanya terbatas dari satu bangunan atau situs,Tergantung pada konfigurasinya , jaringan jenis ini dapat mencakup area dari beberapa mil hingga puluhan mil.  PRIA sering digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN berguna untuk membentuk jaringan yang lebih besar, jenis jaringan ini yang dirancang khusus untuk jaringan kampus, desa kelurahan, kecamatan kabupaten dan lainnya asal masih 1 negara.

  • Wide Area Network

Jaringan WAN

Sebuah jaringan luas , menempati daerah yang sangat besar , JAringan Jwnis Ini digunakan untuk menghubungkan 1 negara ke negara yang lain atau 1 benua ke benua yang lain. Sebuah WAN dapat berisi beberapa jaringan yang lebih kecil , seperti LAN atau MAN.

  • Internet 

Fungsi Internet
Mungkin jarinagn Internet adalah salahsatu contoh yang paling terkenal dari WAN publik, internet yang banyak di akses oleh manusia di seluruh dunia.

Demikian penjelasan dari saya tentang jenis-jenis jaringan yang ada semoga artikel dari saya dapat membantu anda semu terimakasih.

0 Response to "Jenis-Jenis jaringan, PAN, LAN, MAN, WAN, dan Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel